Just another WordPress.com weblog

Kenali Kejiwaan Anda Sejak Dini

Depresiadalah suatu keadaan mental mood yang menurun yang ditandai dengan kesedihan, perasaan putus asa, dan tidak bersemangat.

GEJALA DAN TANDA

Gejala dan tanda utama dari depresi ialah:

  • Mood menurun
  • Kehilangan energi untuk beraktivitas
  • Kehilangan minat atau kesenangan
  • Gejala lain dari depresi ialah konsentrasi yang buruk, tidak percaya diri, perasaan bersalah, pesimis, ide untuk melukai diri sendiri hingga bunuh diri, gangguan tidur, dan tidak nafsu makan.

Gejala di atas harus dialami selama 2 minggu dan setidaknya terdapat empat gejala untuk dapat didiagnosa sebagai depresi.

PENYEBAB
Kontribusi biologis dan kontribusi psikososial akan meningkatkan risiko seseorang menderita gangguan depresi. Yang dimaksud dengan kontribusi biologis antara lain :

  • riwayat keluarga, bila dalam keluarga ada yang menderita gangguan mood, gangguan panik, dan ketergantungan alkohol akan memperbesar resiko gangguan depresi
  • beberapa penyakit saraf seperti Parkinson, stroke dan gangguan kejang
  • pemakaian obat-obatan tertentu seperti reserpine, beta-blocker, atau penyalahgunaan kokain, amfetamin, narkotika dan alkohol
  • nyeri kronis dan kondisi medis.

Contoh dari kontribusi psikososial ialah : stres dan kehilangan orang yang berarti. Kehilangan yang terjadi pada usia muda dan trauma dapat berisiko menyebabkan gangguan depresi.

TERAPI
Terapi depresi dibagi menjadi dua yaitu dengan menggunakan obat dan tanpa menggunakan obat.

Obat yang digunakan untuk pengobatan dari depresi ialah golongan tricyclic antidepressants seperti amitriptyline, nortriptyline dan imipramine; golongan SSRI seperti fluoxetine, paroxetine dan sertraline; dan golongan antidepresan atipikal seperti bupropion nefazodone dan mirtazapine. Di Eropa seperti Jerman, digunakan tanaman St. John’s wort atau Hypericum perforatum untuk mengobati depresi ringan hingga sedang.

Terapi non-obat, penderita depresi dapat diterapi dengan terapi cahaya yaitu dengan pemberian cahaya spektrum luas, terapi elektrokonvulsif yaitu dengan penyetruman, dan akupuntur.

Yang paling penting dari terapi penderita depresi ialah konsultasi dengan psikiater atau psikolog sehingga penderita dapat mengatasi pokok permasalahan yang menyebabkan dirinya menderita depresi.

KOMPLIKASI
Seseorang yang menderita depresi akan berakibat gangguan di setiap aspek kehidupannya baik dari segi kesehatan fisik seperti mudah jatuh sakit, hubungan dengan sesama yang buruk, masalah di tempat kerja atau sekolah, penyalahgunaan alkohol atau obat-obat terlarang, cemas berlebih, dan kecenderungan untuk melakukan bunuh diri.

PENCEGAHAN
Untuk mencegah depresi atau berulangnya kembali depresi dapat dilakukan dengan berperilaku hidup sehat seperti :

  • makan cukup dan teratur
  • tidur yang cukup
  • berolahraga secara teratur
  • belajar untuk rileks
  • tidak menggunakan alkohol atau obat-obat terlarang.

Bila dalam kondisi stress, bicaralah dengan keluarga atau teman. Bila itu tidak cukup membantu maka berkonsultasilah dengan psikiater anda.
Bila anda merasa sendiri dan kesepian, cobalah untuk terlibat dalam aktivitas kelompok seperti kerja bakti, kunjungan sosial, olahraga berkelompok atau reuni bersama teman-teman lama.

INFORMASI TAMBAHAN

Beda psikiater dengan psikolog adalah psikiater adalah seorang dokter yang mempunyai spesialisasi dalam bidang kejiwaan dan berhak untuk memberikan terapi obat-obatan, sedangkan psikolog adalah seorang ahli dalam ilmu psikologi dan tidak berhak memberikan terapi berupa obat-obatan.

Untuk berkonsultasi mengenai gangguan depresi ini, dapat menghubungi rumah sakit atau praktek psikiater atau psikolog, salah satunya adalah Rumah Sakit Atma Jaya yang terletak di Pluit, Jakarta Utara.

http://www.tanyadokteranda.com/
http://www.wikipedia.org/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s