Just another WordPress.com weblog

Rumah Sehat dengan Tanaman Antipolutan

MENGHADIRKAN taman di dalam rumah saat ini sudah menjadi kebutuhan. Bagaimana menatanya dan tumbuhan apa yang cocok ditanam di sana terkait dengan kondisi bumi yang sarat polusi?

Taman di dalam rumah seharusnya memang dihadirkan. Hanya, kehadirannya jangan didasarkan pada tren dan kebiasaan ikutan- ikutan, sementara ”misi” Anda membuat taman tersebut terabaikan. Taman indoor yang Anda buat itu jelas harus memberikan efek positif buat Anda sekeluarga.

Taman menyumbang banyak manfaat bagi manusia. Selain udara di sekitarnya menjadi lebih sejuk, view yang menyegarkan mata juga bisa Anda dapatkan. Tapi, jika Anda menginginkan fungsi yang ”lebih”, misalnya menghilangkan zat berbahaya di dalam rumah, jenis tanaman tertentu bisa lho melakukannya.

Sekarang coba Anda cek lagi, adakah jenis tanaman antipolutan yang ditanam di dalam rumah Anda? Tanaman antipolutan berfungsi menyerap polutan di sekeliling areal hunian. Menurut arsitek lanskap Giwo Rubianto, banyak manfaat dapat kita peroleh jika menanam tumbuhan yang sehat. Antara lain menjaga udara di sekitar tempat tinggal agar tetap bersih karena tumbuhan tersebut mampu menyerap polutan serta menghasilkan oksigen yang berguna bagi manusia.

Bahan polutan seperti benzena, formaldehida, dan trikloroetilen yang terdapat di sekitar kita diyakini bisa mengakibatkan berbagai keluhan penyakit, seperti gangguan penglihatan, alergi kulit, kelelahan, serta melemahnya daya ingat. Dalam jangka panjang, apabila secara terus-menerus manusia menghirup bahan-bahan tersebut, dapat mengakibatkan kerusakan hati, ginjal, juga berbagai jenis penyakit kanker dan leukemia.

Nah, salah satu cara untuk mengatasi masalah itu adalah dengan menanam tanaman hias yang dapat mereduksi atau menyerap polutan. Adapun jenisnya, antara lain aglaonema, dracaena, ficus sansevieria, clorophytum, chamaedorea, spathiphyllum, philodendron, aloevera, scindapsus, nephrolepis, musa, dan anthurium.

http://lifestyle.okezone.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s